Pertanian: Peleburan Distan Harus Dikaji Matang

Sumber: Lampung Post

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Rencana Pemda Lampung melebur Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Dinas Perkebunan sesuai PP Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah, dianalisis secara matang dan melibatkan stakeholder termasuk perguruan tinggi. “Dalam menyusun itu diperlukan diskusi dengan stakeholder. Dinas mana yang sangat strategis bagi pembangunan,” kata Rektor Universitas Lampung (Unila) Muhajir Utomo, Sabtu (3-11) lalu.

Guru Besar Pertanian Unila ini, mengatakan jika pembahasan tidak matang termasuk melibatkan lembaga independen dikhawatirkan timbul inefisiensi pembangunan. Pasalnya, berapa banyak dinas atau badan yang dibiayai, tetapi kinerjanya tidak siginifikan. “Yang penting apakah betul dinas-dinas itu punya dampak positif terhadap pembangunan,” kata Muhajir.

Mengomentari rencana penggabungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Dinas Perkebunan, Muhajir sangat menyayangkan jika hal tersebut dilakukan. Pasalnya, Lampung mengandalkan sektor pertanian dan perkebunan. “Itu jadi diri Lampung sebagai bumi agrobisnis. Kalau digabung agak berat. Perlu dipisah seperti yang lalu, sehingga penyelesaian masalah tanaman pangan dan perkebunan lebih fokus dan terkonsentrasi,” kata Muhajir.

Lain halnya dengan dinas yang bisa digabung. “Kita belum banyak bahas yang lain itu, karena yang penting itu pertanian dan perkebunan. Selain itu, badan jangan terlalu banyak. Sehingga gregetnya terhadap pembangunan sangat jelas.”

Seperti diketahui, rencana penggabungan Dinas Pertanian dan Perkebunan ini kini menjadi pembicaraan di masyarakat. Banyak yang pro dan kontra terhadap rencana penggabungan ini. Bagi yang pro, penggabungan kedua dinas tersebut dinilai tidak akan memperkuat posisi Lampung sebagai lumbung pangan nasional.

Apalagi, menurut Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Pemberdayaan Masyarakat Pertanian Subagyono Darmowiyono, bantuan pemerintah pusat di bidang pertanian dan perkebunan akan berkurang, jika kedua dinas tersebut dilebur. Hal ini karena besar kecilnya bantuan pusat selalu dikaitkan dengan kemampuan lembaga dan sumber daya manusia yang mengelolanya. n UMB/E-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s