Pemerintah Diminta Tangguhkan Izin Kebun

Sumber Kompas

Jakarta, Kompas – Aktivis lingkungan hidup mengklaim perkebunan kelapa sawit telah mengganggu habitat satwa dan tanaman liar.

Oleh karena itu, mereka meminta pemerintah menangguhkan penerbitan izin baru perkebunan kelapa sawit dan mengevaluasi izin lama yang belum direalisasikan.

“Sejak 2006 sampai November 2007, sedikitnya 544 orangutan sudah mati akibat pembukaan perkebunan kelapa sawit. Pemerintah jangan menutupi soal ini dan harus segera mencari solusinya,” kata Direktur Centre for Orangutan Protection (COP) Hardi Baktiantoro kepada Kompas, Senin (5/11) di Jakarta.

Data COP menyebutkan, sebanyak 368 orangutan di Kalimantan Tengah mati selama tahun 2006. Adapun sampai November 2007, terdapat 176 orangutan yang mati.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Bunga Indonesia Karen Sjarief mengatakan, pembukaan perkebunan kelapa sawit yang tidak ramah lingkungan telah memusnahkan aneka jenis flora asli Indonesia.

“Sebenarnya Indonesia bisa memetik keuntungan lebih besar dari ekspor flora tanpa perlu merusak lingkungan,” kata Karen.

Adapun Direktur Jenderal Perkebunan Departemen Pertanian Achmad Mangga Barani mengatakan, hal tersebut merupakan isu lama untuk menjelekkan kelapa sawit Indonesia. Pemerintah saat ini aktif berkampanye di luar negeri untuk menangkalnya.

Secara terpisah, Ketua Harian Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Derom Bangun mengatakan, Gapki selalu menekankan kepada anggotanya agar mematuhi 112 indikator pengelolaan sawit lestari sesuai Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO).

Oleh karena itu, Derom meminta aktivis lingkungan melaporkan perusahaan perkebunan yang merusak lingkungan ke polisi sesuai hukum. (ham)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s