Stok Pangan Organik Aman

Sumber Berita Bumi 

Ani Purwati – 09 Jan 2008

Di tengah-tengah merebaknya kekhawatiran akan stok pangan nasional yang terancam akibat banjir dan musim hujan, ternyata stok pangan organik aman. Beberapa fenomena alam tersebut tidak mempengaruhi upaya pemenuhan pangan organik.

Demikian dijelaskan Watini sebagai Manager Pemasaran Beras Organik Sahani di Yogyakarta saat dihubungi beritabumi.or.id, Selasa (8/1).

“Saat musim penghujan seperti sekarang, kendalanya berasal dari penjemuran gabah. Meski agak lama, penjemuran bisa dilakukan dengan baik sehingga tidak berjamur dan berkutu,” ungkanya.

Sehingga menurutnya, risiko hanya pada waktu pemenuhan produk yang molor. Yang biasanya permintaan dapat dipenuhi paling lama dalam waktu seminggu, molor menjadi delapan hari. Sedangkan untuk jumlah dan kualitas tidak terpengaruh.

Rata-rata per bulan Sahani dapat menyediakan beras organik sejumlah 5-8 ton untuk jenis pandan wangi, menthik dan beras merah. Daerah produksinya berasal dari Magelang, Sleman, Klaten, Solo, dan Boyolali.

Yang berasal dari Solo dan Boyolali hanya sedikit. Sehingga bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah tersebut tidak mempengaruhi stok beras organik. Selain itu wilayah produksi beras organik Sahani yang di Solo dan Boyolali tidak mengalami banjir.

Pangan organik khususnya untuk beras juga dapat terpenuhi karena musim tanam dan panen dari tiap wilayah yang berbeda. Sehingga saat musim hujan seperti ini masing-masing wilayah dapat saling menyuplai ketika wilayah lain belum memproduksi.

“Para petani padi organik sudah dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan fenomena alam,” terangnya.

Selama ini daerah pemasaran beras organik Sahani meliputi Yogyakarta, Jakarta, Bali, Surabaya, dan Bandung. Jumlahnya menurut permintaan masing-masing wilayah. Sedangkan harganya stabil tidak mengalami fluktuasi sebagaimana produk beras konvensional.

Dengan kondisi stok yang aman, Sahani juga melakukan program bantuan bagi daerah-daerah yang mengalami kesulitan pangan karena banjir atau bencana lain melalui penyediaan pangan langsung maupun pengumpulan dana dari penjualan produk organik.

Selain beras, Sahani juga menyuplai dan memasarkan produk lain seperti kedelai, kacang hijau, gula, sabun dan lainnya yang semuanya organik.

Salah satu distributor produk organik Sahani di Jakarta adalah Konphalindo. Setiap bulan Konphalindo memasarkan rata-rata 1200 kg beras organik. Konsumennya tersebar di wilayah Jabodetabek.

Pangan nasional rawan
Seperti informasi yang beredar di media-media nasional bahwa akibat banjir yang melanda sebagian wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, dikhawatirkan terjadi kerawanan dalam pengadaan pangan nasional terutama untuk beras.

Ketua Umum Kontak Tani Nasional Andalan (KTNA), Winarno Tohir di Yogyakarta mengatakan sekitar 50 persen pasokan beras nasional berasal dari Pulau Jawa, bahkan produktivitas tertinggi lahan pertanian ada di Jawa. Sedangkan sekarang beberapa sentra produksi beras mengalami banjir dan petani menghadapi kesulitan besar dalam mengolah kembali lahannya akibat terlilit hutang.

Menurut Wakil Ketua Komisi IV (bidang pertanian, kehutanan, kelautan dan perkebunan) DPR RI Syarfi Hutauruk di Gedung DPR/MPR Jakarta, lokasi banjir terparah yang terjadi di Pulau Jawa sebagai sentra produksi beras nasional (65% produksi beras nasional) harus menjadi perhatian pemerintah, termasuk melakukan pembangunan kembali terhadap ekosistem hutan yang rusak berat. Kerusakan hutan telah mengakibatkan banjir yang merusak permukiman dan lahan persawahan di Pulau Jawa.

Diperkirakannya ratusan ribu petani di Pulau Jawa terancam gagal panen tahun ini, bahkan 94.829 hektar lahan sawah dilanda banjir dan 36.205 hektar di antaranya dipastikan puso. Sementara hujan diperkirakan akan terus melanda Pulau Jawa hingga Maret 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s