Pelatihan Inspektor Sistem Pangan Organik

Sumber BioCert

Perkembangan pertanian organik di Indonesia tumbuh cukup pesat. Saat ini diperkiraan sekitar 41 ribu ha lahan telah disertifikasi organik dengan total penjualan produk organik untuk ekspor mencapai lebih dari 200 juta dolar Amerika (FiBL 2008). Menurut Organic Monitor, Indonesia memiliki potensi sebagai produsen organik utama dunia terutama untuk ekspor. Produk organik unggulan Indonesia, seperti kopi, rempah-rempah dikenal di pasar internasional.

Saat ini beroperasi beberapa lembaga sertifikasi organik nasional dan lima lembaga sertifikasi organik asing di Indonesia.  Untuk menjalankan perannya, lembaga sertifikasi tersebut memerlukan tenaga inspektor yang kompeten untuk menjalankan kegiatan inspeksi.

Selain itu, tumbuhnya industri pertanian organik di Indonesia memunculkan pelaku-pelaku organik di Indonesia. Keorganikan produk ditentukan oleh proses produksinya. Untuk memastikan keorganikannya, pelaku organik perlu memiliki sistem dan SDM yang mampu memastikan proses produksi di unit-unit organik. Hal ini salah satu persyaratan untuk memperoleh sertifikasi organik

Siapa yang dapat mengikuti pelatihan ini?
Pelatihan ini mensyaratkan peserta memiliki kualifikasi:

* Sarjana pertanian, peternakan, teknologi pangan. Bagi peserta dengan pendidikan minimal SMA, disyaratkan untuk memiliki pengalaman di bidang pertanian minimal 3 tahun.
* Pengalaman di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan pengolahan pangan minimal 1 tahun.
* Diharapkan mampu berbahasa Inggris (aktif).

BIOCert akan menyeleksi calon peserta yang dapat mengikuti pelatihan ini. Untuk itu, tiap calon peserta diminta ntuk mengirimkan CV terkini kepada BIOCert melalui email sebagai persyaratan mengikuti pelatihan ini. Tiga peserta terbaik dari pelatihan ini dipilih menjadi inspektor kontrak BIOCert.

Catatan: pelatihan akan diselenggarakan apabila minimal peserta 10 orang.

Kurikulum Pelatihan
Kurikulum pelatihan ini mengikuti Panduan Pelatihan Inspektor Sistem Pangan Organik dan Pedoman Inspeksi Produk Pangan Organik yang diterbitkan oleh Otoritas Kompeten Pertanian Organik Departemen Pertanian 2007.

Berikut kurikulum pelatihan inspektor sistem pangan organik:

1. Kebijakan Pertanian Organik
2. Prinsip dan Falsafah Pertanian organik
3. SNI Sistem Pangan Organik
4. Pedoman Inspeksi Produk Pangan Organik
5. Pedoman Sertifikasi Produk Pangan Organik
6. Prosedur Pengambilan dan Penanganan Sampel
7. Teknis Audit
8. Persyaratan dan Kode Etik Inspektor
9. Praktek Lapangan
10. Evaluasi

Fasilitator
Agung Prawoto. Direktur BIOCert. Beliau merupakan inspektor BIOCert dan inspektor internasional untuk lembaga sertifikasi Naturland (Jerman) untuk program ACT Control (Thailand) dan NASAA (Australia). Ia juga menjadi inspektor untuk verifikasi program Starbucks CAFE Practices dan 4C (Common Code for the Coffee Community) Association.

Ananto Kusuma Seta. Kepala Bagian Perencanaan Ditjen P2HP Departemen Pertanian. Beliau merupakan penyusun SNI Sistem Pangan Organik dan menjadi penggagas ”Go Organic 2010” dan anggota anggota task force harmonisasi IFOAM/FAO untuk standar organik.

Indro Surono. Presiden Aliansi Organis Indonesia dan Country Representative IMO (lembaga sertifikasi organik dari Swiss) untuk Indonesia sekaligus menjadi inspektor internasional IMO untuk untuk pasar UE, USA, Jepang dan program sosial & fairtrade.

Waktu dan tempat pelatihan
Pelatihan ini diadakan pada tanggal 8-11 April 2008 pukul 9.00-17.00 WIB bertempat di Hotel Papyrus Jl. Perdana Raya Kav. 12 Komp Budi Agung Bogor Bogor (telp. 0251-391 185) Bogor dan praktek inspeksi lapangan ke kebun organik di daerah Ciawi Bogor.

* Periode pendaftaran peserta pelatihan : 21 Januari s.d 21 Maret 2008 dengan mengirimkan lamaran mengikuti pelatihan disertai dengan CV calon peserta.
* Periode seleksi peserta pelatihan : 22 – 28 Maret2008
* Pengumuman peserta pelatihan : 1 April 2008

Biaya pelatihan
Biaya pelatihan Rp. 2.500.000 per orang (termasuk makan siang, snack, materi pelatihan dan sertifikat). Biaya akomodasi ditanggung oleh peserta.

Peralatan
Dalam kegiatan pelatihan ini, beberapa dokumen hanya disirkulasikan dalam bentuk sof copy sehingga bagi peserta yang memiliki lap top, disarankan untuk dibawa selama pelatihan ini.

Ruangan pelatihan difasilitasi dengan jaringan internet nirkabel (WiFi) yang dapat diakses secara gratis.

Pelatihan ini diorganisir oleh BIOCert.

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi

BIOCert:
Graha Sukadamai Lt.1
Jl. Sukadamai Indah No.1 Budi Agung Bogor
Telp/Fax. 02510331785,
Email: biocert[at]biocert.or.id
http://www.biocert.or.id

3 responses to “Pelatihan Inspektor Sistem Pangan Organik

  1. yth.

    Biocert

    di
    Tempat

    Dengan hormat salam dari saya pribadi untuk lembaga biocert.ada hal yang perlu kami tanyakan kepada biocert bahwa .berapa lembaga sertipaksi yang ada sekarang?
    demikian dan terima kasih atas jawaban nantinya

  2. Anna Kartikasarie, STP

    Yth. Ka. Biocert
    di tempat

    Salam hormat.
    Saya sangat tertarik sekali mengikuti pelatihan tersebut, tetapi biaya pelatihannya terlalu mahal sekali lho.
    Ada diskon ngga..

    demikian, terimakasih

  3. Riana dwie yuliani

    Apakah Biocert mempunyai daftar pertanian organik di seluruh indonesia? Jika ada apakah saya bisa menggunakannya dalam website saya agar konsumen makanan organik tahu bahwa di indonesia juga banyak terdapat pertanian organik sehingga mereka tidap perlu membeli produk impor. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s